07 February 2009

Tips memilih Password yang aman

Bila disamakan dengan nama, maka password bukan merupakan nama atau istilah yang bagus. Biasanya ukuran password cukup panjang dan tidak memiliki makna apapun, baik nama, istilah ataupun kosa kata yang biasa ditemui dalam kamus bahasa. Meskipun demikian, seorang hacker sering menggunakan kamus yang disebut "dictionary attack" sebagai langkah pertama ketika membobol password - dan ada banyak kamus seperti ini bisa ditemui di dunia maya (web)

Password sangat sulit diingat oleh kebanyakan orang. Tidak percaya? Ambillah beberapa karakter secara acak - 4 atau 5 karakter - lalu coba ingat. Dijamin anda kesulitan untuk mengingat karakter karaker tersebut. Password dalam bentuk angka akan lebih mudah mengingatnya - paling tidak 8 angka, lebih dari itu akan sulit bagi kita mengingat password meskipun terdiri dari angka.

Semakin panjang dan rumit sebuah password, semakin aman account yang anda miliki.Password yang diambil dari kata kata yang terdapat dalam kamus bahasa memiliki keamanan yang tidak bagus. Dengan "dictionary attack" (mengkombinasikan 220.000 kata, semua format, huruf besar dan kecil) sebuah password bisa dibobol. Oleh karena itu, jika anda memiliki account penting, lebih baik tidak menggunakan password yang berasal dari kosa kata kamus.

Untuk membedakan password yang aman dan tidak aman, bandingkan kompleksitas dari beberapa password berikut ini :
  • mypasswod
  • MyPaSsWorD
  • M!Pa$$W0rD
Manakah dari ketiga password tersebut yang paling aman?

Continued...

2 comments:

donlenon said...

keren postingannya, cukup bermanfaat.. ^_^

Keluargaku Surgaku said...

Masih bersambung ya? ditunggu lanjutannya lho, Nice post:)