06 September 2008

Agar Rumah Makin Berkah

Jika hati makin tentram di rumah kita, itu tandanya rumah kita makin berkah. Di sana, para malaikat berdoa untuk kebaikan penghuninya. Agar rumah kita makin berkah, hendaknya kita makin istiqamah berzdikir mengingat Allah setiap saat.
Berikut tuntunan Islami agar rumah kita makin berkah:

Tahlil
Rasulullah bersabda:
"Jika kalian melewati kebun-kebun surga, maka mampirlah di tempat itu!"
Para sahabat berkata:
"Apa yang di maksud dengan kebun-kebun surga itu wahai Rasulullah?"
Nabi bersabda:
"Kelompok manusia yang berzikir. Karena sesungguhnya Allah memiliki malaikat-malaikat yang senantiasa keliling mencari kelompok manusia yang berzikir dan jika mereka datang ke tempat itu, para malaikat itu mengitarinya." (H.R. Ibnu Umar)
Dari hadis ini jelas Allah melimpahkan rahmat di rumah yang sering dipakai untuk berzikir. Lalu zikir apa saja yang di maksud? Tentu zikir yang di tuntunkan oleh Rasulullah SAW, seperti Tahmid (Alhamdulillah), Takbir (AllahuAkbar), Tahlil (Laa Ilaaha Illallah), Tasbih (Subhanallah), dan sebagainya.

Baca Al Qur'an
Dengan membaca Al Qur'an, maka malaikat rahmat akan turun membawa kebaikan dan ketenangan dalam rumah kita. Rumah yang tidak ada bacaan Al Qur'an, maka rumah itu sebenarnya telah menjadi kuburan walaupun penghuninya masih bernyawa.
Sabda Rasulullah:
"Sesungguhnya rumah itu akan terasa luas bagi penghuninya, akan di datangi malaikat, dijauhu setan dan akan membanjir pula kebaikan didalamnya. Sebaliknya, rumah itu akan terasa sempit bagi penghuninya,akan dijauhi malaikat dan akan didatangi setan serta tidak akan banyak kebaikan didalamnya, jika tidak dibacakan Al Qur'an. (H.R. Ad Darimi)

Iktikaf
Orang yang duduk ditempat shalatnya setelah melakukan shalat juga akan mendapat doa dari malaikat. Dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda,
"Para malaikat akan selalu bershalawat kepada salah satu diantara kalian selama ia berada di dalam tempat shalat dimana ia melakukan salam, selama ia belum batal wudunya, (para malaikat) berkata, "Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia." (H.R. Imam Ahmad)

Berdoa
Aneka doa bisa kita panjatkan setiap hari agar kehidupan rumah tangga kita senantiasa diberkahi Allah. Salah satu doanya:
"Allahummash lih lii fii diiniil-ladzii huwa 'ismatu amrii wa ashlih lii dunyaayaal latii fiiha ma'aasyii wa ashlih liiaakhiratiil latii fiiha ma'aadii waj'alil hayaata ziyaadatan lii fii kulli khairin waj'alil mauta raahatan lii min kulli syarri."
Artinya:
"Ya Allah, baguskanlah untukku agamaku yang menjadi pegangan urusanku, perbaikilah duniaku yang menjadi tempat penghidupanku, serta baguskanlah akhiratku yang padanya tempat kembaliku nanti. Jadikanlah hidup ini jadi berkah bagiku dalam segala kebaikan serta jadikanlah mati itu pembebas segala kejahatan bagiku." (H.R. Muslim)
(sumber: nurani)

1 comments:

donlenon said...

sip, yas kumpulan hadist-nya nampol banget, sangat bermanfaat.

keep up the good work ^_^